Memahami Sifat Ragu-ragu

Memahami Sifat Ragu-ragu

Dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI-online, 2017), kata  ragu diartikan “dalam keadaan tidak tetap hati (dalam mengambil keputusan, menentukan pilihan, dan sebagainya); bimbang” dan “sangsi (kurang percaya)”. Sementara itu kata “ragu-ragu” diartikan “bimbang;  kurang percaya”.

Secara psikologis, ragu-ragu itu cerminan aktivitas berpikir seseorang yang membutuhkan waktu relatif cukup lama dari yang seharusnya. Sehingga bagi peragu, membuat keputusan menjadi hal tersulit dalam hidupnya.

Orang dikategorikan ragu-ragu menulis manakala ia bimbang atau kurang percaya diri untuk menulis. Sifat orang peragu itu tidak dapat dilihat secara kasat mata, karena itu merupakan persoalan hatinya. Akan tetapi perilaku orang yang peragu, tampak dari “hahasa tubuhnya” dalam merespon dinamika yang terjadi. Ia akan lebih bersikap menghindar dari persoalan ketimbang mencari solusi.

Sifat ragu-ragu itu bisa menerpa siapa saja. Tidak mengenal usia, status, posisi jabatan, pangkat, pekerjaan dan profesi. Demikian juga dalam hal menulis.