Buat Peta Pemikiran

Peta pikiran adalah teknikĀ  memanfaatkan keseluruhan otak dengan menggunakan citra visual dan prasarana grafis lainnya untuk membentuk kesan. Wujud peta pikiran itu adalah berupa kumpulan gagasan-gagasan yang digambarkan dalam lembar kertas kosong. Dengan digambarkannya gagasan itu selanjutnya kita bisa menghubungkan antar gagasan sesuai dengan interpretasi kita.

Untuk membuat peta pikiran, gunakan pulpen berwarna dan mulailah dari bagian tengah kerta. Kalau bisa, gunakan kertas secara melebar untuk lebih banyak tempat. Lalu ikuti langkah-langkah berikut:

  • Tuliskan gagasan utama di tengah-tengah kertas dan lingkupilah dengan lingkaran, persegi atau bentuk lain.
  • Tambahkan sebuah cabang yang keluar dari pusatnya untuk setiap poin atau gagasan utama. Jumlah cabang-cabangnya bervariasi, tergantung dari jumlah gagasan atau segmen. Gunakan warna berbeda untuk tiap segmen.
  • Tuliskan kata kunci atau frase pada tiap cabang yang dikembangkan untuk detail. Kata-kata kunci adalah kata-kata yang menyampaikan inti sebuah gagasan dan memicu ingatan Anda. Jika anda menggunakan singkatan, pastikan bahwa Anda mengenal singkatan-singkatan tersebut sehingga Anda mudah segera mengingat artinya.